Jumat, 22 Juli 2016

Universitas Esa Unggul Gelar Seminar “How to Avoid Game Addictions by Improving Your Creativity” di SMA Methodist, Jakarta




Seminar SMA Methodist Jakarta
Seminar SMA Methodist Jakarta

Universitas Esa Unggul Gelar Seminar “How to Avoid Game Addictions by Improving Your Creativity” di SMA Methodist, Jakarta

Fakultas Ilmu Komputer dan Psikologi Universitas Esa Unggul bekerja sama dengan SMA Methodist, Jakarta menyelenggarakan Seminar Sehari dengan topik “How to Avoid Game Addictions by Improving Your Creativity” pada 21 Juli 2016 bertempat SMA Methodist, Jakarta
Pada sesi pertama disampaikan oleh Bpk. Malabay S.Kom, M.Kom (Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul), siswa-siswi diberikan materi tentang Analisa logika Game dan jenis-jenis Game yang sedang hits. Bagaimana sebuah game bekerja secara logika dan mengaplikasikanya ke dalam bahasa pemrograman.
Bagaimana menerapkan logika game pada bahasa pemrograman
Bpk. Malabay S.Kom, M.Kom
Sesi kedua dilanjutkan oleh Ibu Novendawati Wahyu Sitasari, M.Psi (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul), berbicara mengenai bagaimana cara mengatasi kecanduan bermain Game. Yang mengakibatkan menurunkan daya belajar, kreatifitas, dan kehilangan relasi sosial para siswa-siswi / gamer.
Kecanduan Game
Ibu Novendawati Wahyu Sitasari, M.Psi
Seminar ini juga dihadiri oleh Sdr. Fajar Jati Wicaksono, Mahasiswa Universitas Esa Unggul dan Nanjing Xiaozhuang University – China (Double Degree Program), Jurusan Teknik Informatika. Dimana Ia membagi pengalamannya ketika menjadi Gamer yang adiktif dan dapat keluar dari kebiasaan tersebut lalu merubah ke hal-hal yang lebih positif seperti bergabung dengan komunitas Game Development (Falcer) Universitas Esa Unggul.
Fajar Jati Wicaksono
Fajar Jati Wicaksono

Sesi Tanya Jawab
Sesi Tanya Jawab

SMA Methodist Jakarta
SMA Methodist Jakarta

Read More..

Senin, 18 Juli 2016

Selamat dan Sukses 8 Mahasiswa Universitas Esa Unggul Terpilih Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games, Singapore 2016




Tim Basket Universitas Esa Unggul Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games
Tim Basket Universitas Esa Unggul Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games

Selamat dan Sukses 8 Mahasiswa Universitas Esa Unggul Terpilih Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games, Singapore 2016

Asean University Games atau Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) se-Asia Tenggara ke-18 pada tanggal 10 s.d 17 Juli 2016 yang diadakan di Singapore, Indonesia mengirimkan 126 student athlete yang mengikuti 12 cabang olahraga yakni Basket, Renang, Bulu Tangkis, Voli, Polo Air, Pencak Silat, Dayung, Anggar, Petanque, Panahan, Atletik dan Menembak.
Civitas Akademika Universitas Esa Unggul mengucapkan selamat kepada 8 Mahasiswa Universitas Esa Unggul mewakili Indonesia dalam ajang Asean University Games pada cabang olahraga Basket yang dilatih oleh Abrizalt Hasiholan. Berikut nama-nama Basket Putra dan Putri:
1. Putra
  • Freddy (201251002) – Advertising (Kostum nomor 11)
  • Handri Satrya (201111096) – Manajemen (Kostum nomor 9)

Tim Basket Universitas Esa Unggul Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games
Tim Basket Universitas Esa Unggul Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games
2. Putri :
  • Zalrina Hariana – Psikologi  (Kostum nomor 9)
  • Anne Inessa – Broadcasting (Kostum nomor 11)
  • Delaya Maria – Manajemen (Kostum nomor 13)
  • Dora Lovita – Broadcasting (Kostum nomor 15)
  • Fitryana Sari Dewi – Broadcasting (Kostum nomor 8)
  • Pratita Citta – Manajemen (Kostum nomor 7)

Tim Basket Universitas Esa Unggul Mewakili Indonesia di Ajang Asean University Games


Read More..

Sabtu, 09 Januari 2016

Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Gagasan Tertulis (GT) dan Artikel Ilmiah (AI) Ditjen Dikti Tahun 2016




Sosialisasi Dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa
Sosialisasi Dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa

Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Gagasan Tertulis (GT) dan Artikel Ilmiah (AI) Ditjen Dikti Tahun 2016

 Jumat, 08 Januari 2016, bertempat di ruang 207-208 berlangsung acara Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Gagasan Tertulis (GT) dan Artikel Ilmiah (AI). Acara yang khusus disiapkan dalam rangka keikutsertaan para mahasiswa UEU mengikuti ajang kompetisi PKM GT-AI tahun 2016. Acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Departemen Kemahasiswaan, Departemen Pengembangan dan Kerjasama Institusi. Dalam kata sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan berharap agar para mahasiswa optimis dalam mengikuti lomba PKM karena masing-masing mahasiswa mempunyai kesempatan yang sama untuk memenangkan lomba tersebut dan UEU siap memfasilitasi. Di Bagian lain Wakil Rektor Bidang Kerjasama juga berharap agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berkiprah yang lebih baik sebagai mahasiswa dengan menulis karya ilmiah di tingkat nasional (Dikti, Kemenristekdikti).
Peserta Sosialisasi Dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa
Peserta Sosialisasi Dan Pelatihan Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa
Guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam karya tulis, maka PKM merupakan salah satu sarana yang dapat dikembangkan, Ibu Ari Anggarani dari LPPM UEU dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa PKM merupakan ajang kesempatan bagi para mahasiswa untuk menggali potensi keilmuan sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
PKM merupakan salah satu program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti guna meningkatkan kreatifitas dan kualitas mahasiswa Indonesia. PKM GT adalah wahana mahasiswa melatih menulis ide-ide kreatif sebagai respon intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat, sedangkan PKM AI secara umum adalah suatu tulisan (esai) yang merupakan suatu usaha untuk mengkomunikasikan informasi atau laporan dengan disertai argumen yang mendukung topik-topik tertentu.
Download Pedoman PKM 2015

Read More..

Selasa, 15 Desember 2015

Fakultas Psikologi menyelenggarakan HELPING CHILDREN WITH PLAY THERAPY



Fakultas Psikologi menyelenggarakan Preview Play Therapy sebagai langkah awal sebelum mengikuti pelatihan mendalam sebagai upaya peningkatan salah satu kompetenesi di bidang terapi anak pada selasa, 13 Januari 2015, jam 10.00 – selesai di Ruang 509
Pembicara / fasilitator Bapak Yudi Hartanto ( College of Allied Educators)
Tempat terbatas

Contact Person :  Ibu Desy  021 – 5674223 ext. 234

-- Download Fakultas Psikologi menyelenggarakan HELPING CHILDREN WITH PLAY THERAPY as PDF
Read More..

Rabu, 25 November 2015

Selamatkan Anak Emas Indonesia dari Kekerasan Seksual dan Dampak Pornografi, Antisipasi Masalahnya Sejak Dini






Cegah Dampak Pornografi
Cegah Dampak Pornografi

Selamatkan Anak Emas Indonesia dari Kekerasan Seksual dan Dampak Pornografi, Antisipasi Masalahnya Sejak Dini

Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul bekerjasama dengan Yayasan Kita dan Buah Hati mengadakan pelatihan dan kaderisasi bagi para mahasiswa dan dosen Universitas Esa Unggul. Trainer dalam pelatihan yang diadakan mulai 23 – 24 November 2015 di kampus Esa Unggul antara lain adalah:
Dra. Diah Karim, M.Si
Dra. Safitri, M.Psi
Hilam Al Madani, S.psi, M.Psi
Dra. Haniva

Seminar Pornografi Semai
Pelatihan dan Kaderisasi pada Seminar Pornografi Semai

Seminar Pornografi Semai
Pelatihan dan Kaderisasi pada Seminar Pornografi Semai

Yayasan Kita dan Buat Hati merupakan lembaga di bawah asuhan Ibu Elly Risman, M,Psi sebagai institusi yang memberi perhatian kepada pengasuhan yang benar, baik dan menyenangkan, ingin membekali anak-anak kita dengan sikap, ilmu dan ketrampilan yang tepat dalam menghadapi ancaman ini, mendorong anak-anak berani berkata TIDAK pada kekerasan seksual, baik sebagai korban maupun ‘pelaku’ dan tindakan pencegahan dampak pornografi. Melalui program SEMAI (Selamatkan Anak Emas Indonesia) Fakultas Psikologi mengadakan pelatihan untuk mengedukasi para kader. Para kader SEMAI akan menjadi penyampai kepada orangtua dan masyarakat tentang bagaimana melindungi anak-anaknya dari kekerasan seksual.
Seminar Pornografi Semai
Pelatihan dan Kaderisasi pada Seminar Pornografi Semai

Data Statistik Jumlah Anak – Anak
Menurut data BPS 2011, jumlah anak usia 0-19 tahun berjumlah 89.48 juta,dengan rincian
–      Usia 0-9 tahun 45,93 juta
–      Usia 10-19 tahun 43,55 juta.

Di tahun 2045 atau 32 tahun mendatang, ketika negara Indonesia berusia 100 tahun, anak-anak ini akan  berusia 32 hingga 51 tahun. Pada saat itu merekalah pemeran utama di negara ini.  Tugas kita sebagai membekali mereka dengan berbagai ilmu, ketrampilan dan nilai-nilai yang dapat menjadi modal mereka menata masa depannya. Tugas kita jugalah untuk menjaga dan melindungi anak-anak emas Indonesia ini dari potensi bahaya yang dapat mengancam fisik dan jiwanya.
Mengantisipasi Ancaman
Ancaman yang makin merebak akhir-akhir ini adalah  terjadinya kekerasan seksual pada anak. Komnas Perlindungan Anak (21/9/14) merilis data bahwa pesentase angka kekerasan seksual meningkat secara nya mengejutkan!
Sepanjang Januari – September tahun 2014 ditemukan sebanyak 2826 kasus kekerasan seksual, 56 persen di antaranya dialami oleh anak-anak di bawah umur dan dilakukan oleh orang terdekat mereka.
Mulai tampak gejala anak bukan saja menjadi korban, namun juga menjadi pelaku kekerasan seksual pada anak lainnya.
Berikut ini adalah 4 cara untuk mengantispasi kekerasan seksual dan dampak pornografi :
1. Perkuat iman kepada tuhan yang maha esa
2. Tingkatkan komunikasi orang tua dan anak
3. Hidup sehat dengan berolahraga
4. Gunakan gadget/internet dengan bijak.

Aksi Penyuluhan dan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Dampak Pornografi
Media sosial sudah sangat bebas, bahkan penyebaran video pornografi pun semakin marak dan sulit dibendung. Kondisi itu sangat mengkhawatirkan dan membahayakan. Dari keprihatinan itu, Fakultas Psikologi telah mengadakan pelatihan dalam rangka kaderisasi anggota yang nantinya dapat membantu masyarakat mencegah dan menangani dampak pornografi.  Adapun pelatihan ini akan diikuti para dosen dan mahasiswa Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada 23 – 24 November 2015 di Universitas Esa Unggul.
Selain program ini, sebelumnya tim GoSemai (Gowes Selamatkan Anak Indonesia) telah berkeliling memberikan penyuluhan ke beberapa sekolah pada 28 Oktober – 6 November 2015 berupa (1) Kampanye dengan sepeda sepanjang jalur Jakarta,Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Lembang, Subang, Purwakarta dan Bekasi, dan (2) Penyuluhan kepada siswa/i SMA disepanjangan jalur yang dilalui.



Universitas Esa Unggul Mendukung Kegiatan “Ayo Cegah Dampak Pornografi”

Esa unggul merupakan satu-satunya universitas yang mendukung program “ayo cegah pornografi“. Program utamanya tanggal 28 Oktober- 6 November berupa (1) KAMPANYE dengan sepeda sepanjang jalur Jakarta,Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Lembang, Subang, Purwakarta dan Bekasi, dan (2) PENYULUHAN kepada siswa/i SMA disepanjangan jalur yang dilalui.
Untuk melibatkan masyarakat luas, maka tanggal hari Minggu/25 Oktober 2015, akan dilakukan sosialisai dan deklarasi dari masyarakat pecinta olah raga di GBK mulai jam 6.30. Esa Unggul sebagai pendukung acara, kami undang civitas akademika Esa Unggul terutama mahasiswa untuk melakukan program tersebut dengan tugas Mengajak masayarakat pecinta olah raga yang ada di GBK untuk (1) menandatangani Deklarasi “ayo cegah dampak pornografi” diatas spanduk yang telah disiapkan (2) berkontribusi dengan membeli pin “ayo cegah dampak pornografi“.
Tim GOSEMAI Universitas Esa Unggul di lepas untuk mulai gowes selama 10 hari ke Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Lembang, Subang, Purwakarta dan Bekasi dan memberikan penyuluhan ke sekolah sekolah yang di lalui tentang dampak pornografi , selamat menunaikan tugas menyelamatkan generasi emas demi masa depan yang lebih baik. Tunggu liputan berikutnya…


Hari ke 2 tim GOSEMAI UEU Untuk hari ini ada 3 SMA. SMA Negri 4 Bogor, SMA Mardiyuana, SMA Bhakti Insani .dalam tugas penyuluhan dampak pornografi ke sekolah sekolah yang di lalui selama 10 hari. Saat ini tim bergerak dari bogor menuju sukabumi.tetap semangat .tunggu liputan langsung berikutnya…


Hari ke 3 tim GOSEMAI, saat ini Tim Gosemai UEU sdh di sukabumi & Penyuluhan Bahaya Dampak Pornografi di SMA 3 Sukabumi.

Hari ke 4 relawan tim GOSEMAI UEU telah memasuki kota cianjur dan melakukan sosialisasi tentang bahaya dampak pornografi bagi generasi muda di beberapa sekolah seperti smkn sukaluyuh .sdn perumnas cianjur dan lainnya.semangat terus. Dukung kami,nantikan live report selama 10 hari perjalanan.


Relawan GOSEMAI UEU telah sampai kota cimahi padah hari ke 5 perjalanan hari minggu dan mengisi materi tentang bahaya pornografi setelah sholat shubuh hari minggu di masjid dinas sosial balai diklat kota cimahi, dukung kami mensosialisasikan dampak pornografi bagi generasi emas indonesia.

Tim relawan sepeda GOSEMAI UEU pada hari ke 6 telah sampai goes dikota bandung dan melakukan kampanye penyuluhan di sma Alfasentauri bandung tentang bahaya dampak dari pornografi terhadap generasi muda.
Dengan tips:
1. Perkuat iman kepada tuhan yang maha esa
2. Tingkatkan komunikasi orang tua dan anak
3. Hidup sehat dengan berolahraga
4. Gunakan gadget/internet dengan bijak.

Relawan GOSEMAI UEU pada hari ke 7 sdh sampai di kota lembang dan mengunjungi SMK Negeri 45 Lembang untuk melaksanakan sosialisasi tentang bahaya pornografi di hadapan sekitar 400 orang siswa.

Pada hari ke 8 goes Tim GOSEMAI UEU telah sampai di kota purwakarta dan melakukan kampanye cegah dampak pornografi di hadapan generasi muda di MAN 2 Kota Purwakarta.

Tim Relawan GOSEMAI UEU hari ke 9 telah sampai di kota bekasi dan akan melanjutkan perjalanan pulang ke jakarta, dan sebelumnya di kota bekasi memberikan materi ke komunitas pemerhati parenting di yayasan kita dan buah hati bekasi dan sma tashfia bekasi. Semoga dalam 9 hari perjalanan keliling jawa barat naik sepeda dan memberikan kampanye ayo cegah dampak pornografi dapat membawa manfaat bagi kita semua.


Read More..

Sabtu, 21 November 2015

Penandatangan Kerjasama Universitas Esa Unggul Dengan Taiwan Asia University






Penandatangan Kerjasama Universitas Esa Unggul Dengan Taiwan Asia University
Penandatangan Kerjasama Universitas Esa Unggul Dengan Taiwan Asia University

Penandatangan Kerjasama Universitas Esa Unggul Dengan Taiwan Asia University

Dalam rangka kerjasama di bidang Pendidikan, Universitas Esa Unggul pada tanggal 18 – 20 November 2015 melakukan kunjungan kerjasama ke Taiwan Asia University dan melakukan penandatangan MoU oleh Rektor UEU Bapak Dr. Ir. Arief Kusuma Among Pradja, MBA dan President TAU Jeffrey J.P. Tsai, Ph.D.

Kerjasama ini meliputi Join dan Fast Track untuk Progam Studi Psikologi dan Kesehatan Masyarakat.


Read More..

Jumat, 16 Oktober 2015

Teori Psikoanalisa Sigmund Freud

TEORI PSIKOANALISA SIGMUND FREUD

Oleh:
Mariyana Widiastuti, M.Psi., Psi.

PENGANTAR

  • Sigmund Freud lahir pada tanggal 6 Mei 1856 di kota kecil bernama Freiberg, wilayah Moravia.
  • Ayahnya adalah seorang pedagang wool yang mempunyai pikiran maju dan rasa humor yang baik.
  • Ibunya merupakan wanita yang sangat aktif dan juga merupakan istri kedua dari bapaknya dengan usia 20 tahun lebih muda.
  • Awal Freud mengembangkan psikoanalisis adalah ketika ada seorang dokter dari wina yang mengobati seorang gadis berusia 21 tahun yang menderita gejala-gejala histerik.
  • Dokter ini bernama Joseph Breur, ia mengobati gadis tersebut dengan metode Hipnosa.
  • Metode inilah yang terus dikembangkan oleh Freud hingga menjadi metode “asosiasi bebas” yang dipakai dalam psikoanalisis.
  • Psikoanalisis menurut Freud merupakan suatu cara untuk mengobati orang yang menderita gangguan pada sistem syaraf otak.
  • Dalam psikoanalisis yang ditekankan atau dipelajari pertama kali adalah diri kita sendiri.
  • Maksudnya adalah kita harus mengintrospeksi diri sebelum jauh mempelajari psikoanalisis. 

TEORI SIGMUND FREUD 
  1. KESADARAN
    • Sebenarnya, Freud bukanlah orang pertama yang menemukan ide tentang alam sadar (conscious mind) versus alam bawah sadar (unconscious mind), tapi dialah yang membuat ide itu begitu terkenal.
    • Alam sadar adalah apa yang anda sadari pada saat-saat tertentu, penginderaan langsung, ingatan pemikiran, fantasi, dan perasaan yang anda miliki.
    • Terkait erat dengan alam sadar ini adalah alam pra sadar, yaitu apa yang kita sebut saat ini dengan “kenangan yang sudah tersedia” (available memory), yaitu segala sesuatu yg dg mudah dapat dipanggil ke alam sadar, kenangan2 yang walaupun tidak kita ingat waktu berpikir, tp dg mudah dapat dipanggil lagi.
    • Namun Freud mengatakan bahwa keduanya itu adalah bagian terkecil dari pikiran.
    • Adapun bagian terbesar adalah alam bawah sadar (unconscious mind).
    • Bagian ini mencakup segala sesuatu yang sangat sulit dibawa ke alam sadar, termasuk segala sesuatu yang memang asalnya dari alam bawah sadar, seperti nafsu dan insting.
    • Freud berpendapat bahwa alm bawah sadar merupakan sumber dari motivasi & dorongan yg ada dlm diri kita, apakah itu hasrat yang sederhana seperti makan atau seks, daya-daya neurotik, atau motif yg mendorong seorang seniman atau ilmuwan berkarya.
    • Namun anehnya, kita sering terdorong untuk mengingkari atau menghalangi seluruh bentuk motif ini naik ke alam sadar.
    • Oleh karena itu, motif-motif itu kita kenali dalam wujud yg samar-samar. 
  2. STRUKTUR KEPRIBADIAN
    • Id (das Es)
      • Merupakan sistem kepribadian yang asli.
      • Tempat ego dan super ego berkembang.
      • Merupakan tempat dorongan naluri (Instinct) dan di bawah pengawasan proses primer. Atau dengan kalimat lain bekerja sejalan dengan prinsip-prinsip kenikmatan.
      • Tidak mempunyai kemampuan untuk menghambat atau memodifikasi dorongan nalurinya.
      • Selalu mencari kepuasan dan menghindari segala bentuk ketegangan.
      • Id sebenarnya adalah representasi psikis kebutuhan2 biologis.
    • Ego (das Ich)
      • Sebagai sarana penghubung organisme (id) dengan realitas dunia melalui alam sadar yg ia tempati.
      • Memiliki mekanisme pembelaan, misalnya; represi, rasionalisasi, agresi dll.
      • Mencari objek2 utk memuaskan keinginan & nafsu yg dimunculkan oleh id untuk mempresentasikan apa yg dibutuhkan oleh organisme.
      • Proses penyelesaian di atas dinamakan dg proses sekunder.
      • Berfungsi berdasarkan prinsip2 realitas.
      • Dapat merasakan kenyataan (sense of reality).
      • Mempunyai sifat utk menguji kenyataan (reality testing).
      • Dapat beradaptasi dg kenyataan.
      • Selalu berusaha membuat id senang, namun kadang mendapati hambatan dari dunia nyata.
      • Dikenal sebagai eksekutif kepribadian.
    • Super Ego
      • Merupakan perwujudan nilai-nilai dan cita-cita tradisional masyarakat, berorientasi pada norma.
      • Merupakan catatan tentang segala objek dunia nyata yang menghalangi dan mendukung ego.
      • Sebagai wasit tingkah laku.
      • Dikenalkan kepada anak melalui orangtua.
      • Berkembang sebagai respon terhadap hadiah & hukuman yang diberikan orangtua.
      • Memiliki dua sisi, yaitu; pertama, nurani (conscience), yg merupakan internalisasi dari hukuman dan peringatan. Kedua, Ego ideal, berasal dari pujian & contoh2 positif yg diberikan kepada anak2.
      • Berfungsi untuk menghalangi impuls & menekan ego agar sesuai dg moralitas sosial.
TAHAPAN PERKEMBANGAN FREUD
  • Menurut Freud tahun-tahun pertama kehidupan yg sangat sebentar waktunya itu mempunyai peranan yg sangatlah penting dlm menentukan pembentukan kepribadian.
  • Masing-masing tahap perkembangan selama lima tahun pertama ditentukan oleh cara2 reaksi suatu zona tubuh tertentu.
Tahap perkembangan menurut FREUD :

1. Oral 
a. Tahap Oral
  • Pada tahap ini kenikmatan bersumber pada mulut anak, dan sumber kenikmatan pokok berasal dai makanan.
  • Makan merupakan stimulasi sentuhan terhadap bibir dan rongga mulut, serta menelan à jika makanan tidak menyenangkan maka akan dimuntahkan keluar.
  • Kemudian apabila bayi telah mempunyai gigi maka mulut dipakai untuk menggigit dan mengunyah.
  • Pada tahap oral ini, bayi mempunyai dua macam aktivitas oral, yakni menelan makanan dan menggigit à ini merupakan prototype bagi banyak ciri karakter yang akan bekembang di kemudian hari.  
b. Fase oral (0-1½ th)
  • Bayi mendapatkan kepuasan melalui mulutnya
  • Rasa lapar --> Dunia luar
  • Menelan sesuatu --> Kepuasan
  • Memuntahkan sesuatu --> Ketegangan 
  • Ibu --> sumber makanan & kenikmatan erotik
  • --> Cinta pertama  
2. Anal
a. Tahap Anal
  • Pada saat makanan yg telah ia makan kemudian akan menumpuk pd usus, maka secara refleks bayi akan mengeluakannya apabila tekanan pd otot lingkar dubur telah mencapai taraf trtntu. Pd proses pengeluaran hal yg tdk nyaman tadi akan memberikan rasa lega.
  • Pada tahap ini kenikmatan bersumber dari anusnya, memegang anus dan aktivitas mengeluarkan merupakan hal yg sangat disukai pd tahap ini. Dan pd tahap ini pula bayi mulai merasakan tekanan atau aturan dari luar & belajar untuk menunda kenikmatan yg ingin ia peroleh.
b. Fase anal (1½-3 th)




 3. Phalik
a. Tahap Falik (Phalik)
  • Pada tahap ini pusat dinamika kenikmatan yg diperoleh adalah dari perasaan2 seksual dan agresifitas berkaitan dgn mulai befungsinya organ2 genital pd tubuhnya.
  • Pada tahap ini pula dikenal dgn adanya perkembangan pd laki-laki yg disebut dgn Oedipous Compleks.
  • Kenikmatan dunia fantasi yg menyatakan aktivitas auto-erotik akan membuka jalan bagi tumbuhnya Oedipous Compleks.
  • Oedipous Compleks ini mrpkn suatu kecenderungan anak laki-laki menyukai ibunya sendiri & merasa cemburu apabila ayahnya mendekati ibunya tersebut.
b.Fase phalic (3-6 th)



4. Laten  
a. Tahap Laten
  • Dalam tahap ini Freud yakin bahwa dorongan-dorongan seksual yg telah tumbuh pd masa phalik akan ditekan atau di-repres sedemikian rupa demi kelancaran proses belajarnya. 
  • Tahap ini berlangsung hingga masa pubertas dimulai. 
 b. Fase latent (6 th-pubertas)
  • Hasrat seksualitas dipendam
  • Tertarik pada hubungan atau interaksi sosial
  • Interaksi sosial --> “Kepuasan” 
5. Genital

a.Tahap Genital
  • Tahap ini dimulai pd saat usia pubertas, ketika dorongan-dorongan seksual sangat telihat dengan jelas.
  • Pd masa ini anak mulai tetarik dgn hubungan atau interaksi lawan jenis.
 b. Fase genital (pubertas dan seterusnya)
  • Hasrat seksual yang dipendam --> muncul
ASOSIASI BEBAS
Setelah metode hypnosis yg pd saat itu menjadi terapi yg paling digemari oleh freud dan pasiennya kemudian dgn berkembangnya waktu, berkembang pula metode yg digunakan untuk mengatasi hysteria, yaitu dgn menggunakan metode katarsis atau metode pengobatan dgn berbicara, yaitu dgn menyuruh pasiennya menguraikan secara terinci symptom yg ia alami dan rasakan. 

ANALISIS MIMPI
  • Ketika kita tidur, kita tidak terlalu mengekang alam bawah sadar dan cenderung melepaskannya dlm bentuk-bentuk simbolik ke alam sadar.
  • Keinginan-keinginan id inilah yg akan dijadikan sebagai tanda utama oleh terapis utk memahami keadaan pasien dan mengobatinya.
  • Sebagian besar bentuk terapi mgk mimpi2 yg dialami oleh pasien, tp tafsir mimpi Freudian memiliki kekhasan yg tersendiri, yaitu kecenderungannya untuk menemukan makna-makna seksual.
Sumber Weblog Esaunggul

Read More..

Realted Posts